Beda BATIK TULIS ,BATIK CAP DAN BATIK PRINTING

0 comments
Hanya ingin share tentang pengetahuan saya tentang batik 

Batik Tulis :

  • pengerjaannya dengan menggunakan alat yang bernama canting (terbuat dari tembaga yang dapat menampung malam(lilin batik) dengan ujung erupa pipa kecil untuk membentuk gambar di permukaan kain)
  • Motifnya tidak bisa sama persis atau asimetris dalam satu lembar kain, kenapa? ya karena ini dibuat manual..bukan dengan alat seperti batik cap atau printing
  • (setau saya) batik tulis harganya pun mahal, karena proses pembuatannya pun lama
  • biasanya memiliki aroma yang khas, karena kainnya diwarnai dengan pewarna alam,seperti kulit kayu, kayu tingi (hitam), kayu teger (kuning), kayu jambal (coklat), daun Tom dan akarnya (biru)
  • Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan batik tulis relatif lebih lama (2 atau 3 kali lebih lama) dibandingkan dengan pembuatan batik cap. Pengerjaan batik tulis yang halus bisa memakan waktu 3 hingga 6 bulan lamanya.
  • Alat kerja berupa canting harganya relatif lebih murah berkisar Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,-/pcs.
  • Harga jual batik tulis relatif lebih mahal, dikarenakan dari sisi kualitas biasanya lebih bagus, mewah dan unik.


Batik Cap:
  • pengerjaanya dengan menggunakan cap (alat yang terbuat dari tembaga yang dibentuk sesuai dengan motif yang digunakan)
  • Bentuk gambar/desain pada batik cap selalu ada pengulangan yang jelas, sehingga gambar nampak berulang dengan bentuk yang sama, dengan ukuran garis motif relatif lebih besar dibandingkan dengan batik tulis.
  • Gambar batik cap tembus pada kedua sisi kain.
  • Warna dasar kain biasanya lebih tua dibandingkan dengan warna pada goresan motifnya. Hal ini disebabkan batik cap tidak melakukan penutupan pada bagian dasar motif yang lebih rumit seperti halnya yang biasa dilakukan pada proses batik tulis. Korelasinya yaitu dengan mengejar harga jual yang lebih murah dan waktu produksi yang lebih cepat. Waktu yang dibutuhkan untuk sehelai kain batik cap berkisar 1 hingga 3 minggu.
  • Untuk membuat batik cap yang beragam motif, maka diperlukan banyak cap. Sementara harga cap batik relatif lebih mahal dari canting. Untuk harga cap batik pada kondisi sekarang dengan ukuran 20 cm X 20 cm berkisar Rp. 350.000,- hingga Rp. 700.000,-/motif. Sehingga dari sisi modal awal batik cap relatif lebih mahal.
  • Jangka waktu pemakaian cap batik dalam kondisi yang baik bisa mencapai 5 tahun hingga 10 tahun, dengan catatan tidak rusak. Pengulangan cap batik tembaga untuk pemakainnya hampir tidak terbatas.
  • Harga jual batik cap relatif lebih murah dibandingkan dengan batik tulis, dikarenakan biasanya jumlahnya banyak dan miliki kesamaan satu dan lainnya tidak unik, tidak istimewa dan kurang eksklusif.

Batik Printing:
Pengerjaanya dengan menggunakan mesin, pastinya harga lebih murah daripada kedua jenis batik diatas, dan juga waktu pengerjaannya lebih cepat


Ada yang mau menambahkan lagi?

Batik tulis harganya memang mahal, dan kalau dipegang (bagi saya) beda sama batik cap ...tapi dua2 nya bagus dan dua2 nya berhasil membius saya untuk membeli 

Ada juga kain batik kombinasi batik cap dan tulis, tapi lagi2..karena proses pembuatan dan ini itunya..harganya pun juga lumayan bikin saya harus menyembunyikan kartu debit saya..

Oya satu hal lagi,hal yang cukup bikin saya tergerak dan akhirnya saya menulis ini...Saat saya menemukan seseorang yang menjual batik tulis, tapi ternyata batik yang dia jual itu batik printing...
Lakukah jualan dia? entahlah....waktu saya melihat..awalnya saya tertarik..dan ketika saya berjalan2 dengan kekasih saya kemarin (pamer punya cowo) ...saya agak kaget dengan penampakan kain/baju yang sama persis dengan yang dijual si penjual yang saya ceritakan diatas..


*loh kenapa hal kayak gitu bisa terjadi?*
Ya mungkin saja karena kurangnya pengetahuan kita akan batik, dan jujur saja harga batik printing memang murah, dan saat orang2 tergerak untuk menggunakan batik, saat mereka menemukan kain yang menurut mereka menarik ini,dan motif batiknya mereka suka , ya mereka beli...
tapi ngga sedikit orang juga rasanya yang paham bagaimana membedakan ketiga jenis batik ini ..benar kan??

*ada yang mau menambahkan koleksi batik saya???di Palembang selain kain songket dan jumputan juga ada batiknya lohhhh...(out of topic ga??* :p)

If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

No Response to "Beda BATIK TULIS ,BATIK CAP DAN BATIK PRINTING"

Post a Comment

Thank You :)

Blog Archive